Ingin Digital Marketing yang Baik, Coba Email Marketing

Bila Anda adalah seorang pebisnis startup yang sedang menjalankan program digital marketing, apa Anda sudah mencoba email marketing? Di bawah ini, akan dijelaskan mengenai email marketing untuk digital marketing bisnis startup.

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengapa email marketing itu perlu untuk pemasaran startup Anda, kita akan membahas dulu apa itu email marketing. Email marketing adalah sebuah bentuk marketing yang disebarkan melalui email. Bila Anda sering melihat banyak email berbentuk promosi, nah, itulah dia email marketing.

Efektifitas Email Marketing

Seberapa efektifkah email sebagai salah satu platform digital marketing? Dari penelitan yang dilakukan oleh Radicati Group, sekitar 34% orang di seluruh dunia menggunakan email. Jumlah pastinya mencapai 2,5 miliar orang. Jumlah ini akan terus meningkat menjadi 2,8 miliar dalam dua tahun ke depan. Dari penelitian itu jumlah email yang dikirimkan setiap harinya 196 miliar email, didominasi oleh keperluan bisnis mencapai 109 miliar email.

Email merupakan sebuah kewajiban yang dimiliki oleh pekerja dan pelajar, untuk keperluan apa saja. Email marketing bersifat personal. Email dapat disesuaikan dengan tindakan pelanggan sehingga setiap komunikasi bisa relevan dengan minat mereka.

Menggunakan email marketing tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan pelanggan. Tetapi, juga untuk melakukan campaign program marketing dan mengaktivasi customer lama yang sudah tidak aktif. Namun, dari semua itu yang pasti paling tinggi open rate adalah email transaksional yang berkaitan dengan hal-hal seperti bukti pembelian, konfirmasi akun, reset password, atau informasi detail akun kita. Nah jika startup kita masih belum optimal dalam setiap jenis campaign itu, mari kita coba memulai melakukan strategi email marketing untuk mengaktivasi customer yang sudah lama tidak aktif misalnya, bahkan hal ini bisa dilakukan secara otomatis.

Keunggulan Email Marketing

Anda sudah tahu bahwa email marketing itu penting. Tidak cukup sampai di situ saja. Anda juga perlu memahami keunggulan email marketing. Di bawah ini ada beberapa keunggulannya.

1. Memiliki biaya yang terjangkau dan bisa dikatakan murah. Tidak seperti channel berbayar seperti platofirm lain. Jadi, email marketing tidak memerlukan biaya. Hanya saja yang diperlukan adalah waktu untuk eksperimen mencari insight konten seperti apa yang cocok bagi market kita sehingga target Call to Action (CTA) yang diinginkan bisa tercapai.

2. Kita tidak perlu menebak-nebak bagaimana sebuah email bekerja secara teknikal. Ini bukan seperti algoritma Google atau EdgeRank Facebook yang kita perlu eksplorasi. Jadi, kita tidak perlu menebak-nebak bagaimana cara kerjanya.

3. Ada banyak tools yang bisa dipakai untuk monitor performanya. Kita bisa mengetahui mana email yang bisa mencapai target mana yang tidak.

4. Wide spread, email bisa sangat luas kita sebarkan bergantung dari seberapa banyak list alamat email yang kita miliki. Saat ini adalah lebih dari 4 miliar akun email di dunia dan 25% dari jumlah tersebut adalah akun email bisnis. Jumlah pengguna Facebook pun kalah dengan jumlah ini.

Tantangan Email Marketing

Email marketing memiliki potensi yang besar. Namun juga memiliki tantangan. Yang paling besar yang harus kita hadapi adalah inbox email email yang penuh. Akibatnya, email tidak bisa dibuka. Jika Anda aktif, maka Anda bisa mendapatkan 500-an email dalam satu bulan, atau bahkan lebih banyak. Tentu saja setiap email tersebut tidak akan selalu dibuka oleh pemilik email atau alamat email yang Anda tuju. Rata-rata, hanya 20-25% saja orang yang membuka email tersebut.

Tantangan lain yang dimiliki sebuah startup dalam menjalankan strategi email marketing adalah kita masih belum punya brand. Tidak banyak yang mengenal brand sebuah startup, jadi jangan berharap banyak orang akan mau menghabiskan waktu untuk memikirkan kita biarpun kita mengklaim kita adalah brand dengan produk terbaik. Email marketing yang kita buat tidak bisa melulu mengandalkan label atau brand startup.

Itulah tadi tentang penjelasan dan efektifitas email marketing. Ada banyak artikel yang membahas cara menggunakan email marketing. Selamat mencoba.. (PENA/GP)

Tinggalkan Balasan