Manfaatkan Kolega untuk Promosi Offline Bisnis Startup

Berbicara soal startup, kita akan membayangkan sebuah bisnis yang erat kaitannya dengan dunia Internet. Merujuk dari Wikipedia, startup sendiri bisa diartikan sebuah perusahaan rintisan, atau merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Bisnis startup juga bisa dikatakan suatu bisnis yang baru berkembang, namun lebih identik dengan bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Bisnis Startup ini banyak bidangnya, salah satu contoh bidang media informasi atau media online. Nah, sebagai bisnis yang baru dimulai atau dirintis, tentu perlu promosi agar bisnis ini berkembang. Umumnya, pebisnis model seperti ini lebih cenderung memasarkan produk atau bisnisnya melalui dunia maya pula.

Bagaimana jika dipasarkan secara offline? Tentu saja tidak ada salahnya, caranya bagaimana?

Layaknya sebuah produk rokok, para produsen rokok yang memanfaatkan jasa sales promotion girl atau yang kita kenal dengan SPG untuk mencari market. Artinya, pendekatan sosial atau interaksi sangat membantu untuk mengembangkan bisnis Startup secara offline.

Misalnya, saat ini sudah banyak komunitas yang secara khusus bisa dibidik sesuai dengan produk yang ditawarkan. Bisa dengan cara mengadakan sebuah seminar yang mengundang mahasiswa untuk menjelaskan tentang bisnis Anda.

Selain itu, memanfaatkan kolega untuk memajukan bisnis startup juga cukup efektif. Seperti yang dilakukan Makmuriyanto, Founder salah satu bisnis startup yang bergerak di bidang media online di Provinsi Riau.

Di awal berdiri bisnis yang ia geluti, ia memanfaatkan kedekatan dengan salah seorang dosen di salah satu Universitas Negeri ternama di Provinsi Riau. Bahkan, ia mendapatkan suntikan dana untuk mengembangkan bisnis tersebut dari kolega tersebut.

Intinya, promosi atau pemasaran bisnis startup secara offline ini dibutuhkan tekat yang kuat. Tentu juga harus percaya diri dan bisa meyakinkan konsumen. (PENA/DA)

Tinggalkan Balasan