Mengintip Aktifitas Sehari-Hari Wanita Pengusaha Modal Ventura

Clairine Runtung, adalah seorang Inventment Maneger dari salah satu perusahaan modal ventura dari Convergences Ventures. Mungkin kita bisa lihat aktifitasnya sehari-hari sebagai investor startup.

“Hal yang paling menyenangkan dari pekerjaan saya adalah ketika saya bisa bertemu dengan entrepreneur yang penuh inspirasi. Sayangnya, aktivitas tersebut hanya mengisi 10 hingga 20 persen dari waktu kerja saya,” Kaget? Simak artikel ini untuk mengetahui alasannya dikutip dari postingannya sendiri dari laman techinasia.com

8.30

Clairine memulai akifitasnya sekitar pukul 08.30 WIB setiap pagi. Dia memulainya dengan memprioritaskan email-email penting yang akan dibalas. Pekerjaan itu dilaluinya sambil melihat perkembangan berita dari media lokal dan internasional. Ini dia lakukan sambil sarapan pagi dan ngopi.

9:30

Biasanya, setiap senin pagi sekitar pukul 09.30 WIB, ada rapat rutin di kantornya. Tidaknya di timnya, yaitu tim investasi, juga bersama dengan tim pengembangan bisnis, sumber daya manusia, serta operasional. Masing-masing pimpinan menyampaikan fokus kerja dari tim untuk satu minggu ke depan.

10:30

Tim investasi melanjutkan rapat minggunyan. Di dalam rapat tersebut, Clairine dan tim akan melalkukan review terhadap para startup baru yang ditemukan dan para penusaha yang telah bertemu pada minggu sebelumnya.

“Rapat mingguan ini merupakan kesempatan kami untuk saling bertukar ide, pemikiran, menajamkan insting investasi kami, serta menentukan hal-hal apa yang harus kami fokuskan. Dengan begitu banyaknya startup tahap awal yang bisa kami beri investasi, kami harus teliti ketika menentukan startup mana yang harus kami amati lebih lanjut. Pada dasarnya, secara jumlah tim, kebanyakan VC juga tak ubahnya seperti sebuah startup,” katanya.

12:00

Saatnya jam makan siang. Clairine biasanya maakan siang bersama rekan kerjanya dari VC lain. Biasanya mereka bertukar pengalaman serta bertukar fikiran saat jam makan siang. Dia biasanya berbincang dengan VC lain tentang perusahaan portofolio, berbagi pengetahuan tentang industri atau sektor tertentu, serta kehidupan pribadi mereka di luar pekerjaan. “Namun, kami selalu menjaga batas untuk tidak saling berbagi informasi yang sensitif atau rahasia.”

13:00

Berdasarkan hasil review investasi sebelumnya, Clairine dan tim membagi kesibukan menjadi dua hal, yaitu mendiskusikan analisis awal yang harus ditindakllanjuti saat ini dan di kemudian hari (potential summaries), serta laporan riset mendalam (investment memo). Mereka bisa mendapat dua hingga delapan laporan yang harus diselesaikan dalam waktu seminggu. “Padahal tim kami hanya terdiri dari tiga orang anggota tim. Inilah saat biasanya saya meminum cangkir kopi kedua.”

14:00

Pada jam ini, biasanya dia melakukan pertemuan dengan para entrepreneur. Terkadang, sebuah pertemuan akan langsung dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya. Sang founder akan melakukan pitching secara resmi dengan menggunakan presentasi. Namun selama pertemuan tersebut, Clairine dan tim juga akan mendiskusikan tentang industri dan masalah yang ingin mereka selesaikan.

17:00

Inilah saatnya saya melakukan conference call dengan salah satu founder dari startup portofolio kami yang tengah mencari pendanaan lanjutan. Pihaknya menyarankan para founder untuk menyiapkan waktu minimal enam bulan untuk menyelesaikan sebuah proses pendanaan.

Dalam conference call tersebut, akan didiskusikan pencapaian mereka selama setahun terakhir, bagaimana sang founder akan membentuk perusahaan tersebut dalam waktu dua tahun ke depan, dan strategi pendanaan mereka secara keseluruhan.

“Dulu, saya juga sering membantu para portofolio kami dalam membuat konsep dan menyusun pitch deck mereka, serta mengenalkan mereka dengan VC lain dan beberapa mitra strategis. Menurut kami hal ini penting untuk mempercepat pertumbuhan mereka. Itulah mengapa sebisa mungkin kami akan aktif memanfaatkan jaringan kami untuk membantu pertumbuhan mereka,” sambungnya.

18:00

Pada jam 18.00 WIB, wanita itu meluangkan waktu sekitar satu jam sebelum pertemuan makan malam untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang tersisa. Clairine memeriksa email dan menyiapkan beberapa hal untuk rapat direksi startup yang harus dihadiri keesokan harinya.

22:00

“Sampai di rumah. Saya menghabiskan beberapa waktu untuk kembali menganalisis data yang tadi saya lihat sebelum makan malam. Setelah cukup nyaman dengan sebuah kesimpulan (entah apakah startup tersebut mempunyai kondisi finansial yang sehat, atau justru mempunyai unit ekonomi yang lemah), saya pun mematikan laptop dan beralih ke Kindle untuk melanjutkan membaca buku sebelum akhirnya tidur menjelang tengah malam,”

Ternyata, menjadi seorang investor juga cukup sibuk yah. Wajar saja, karena industri startup di dalam negeri juga terus berkembang. (PENA/GP)

 

Gambar via asianentrepreneur.org

Tinggalkan Balasan